Minggu, 11 Maret 2012

Bagaimana Cara Terhubung ke Internet?



How do we connected to internet?


Internet kependekan dari interconnection-networking sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Internet merupakan jaringan komputer yang saling terkoneksi
supaya komputer kita bisa terhubung kedalam internet maka harus dilengkapi dengan :
1.Dukungan hardware (perangkat keras) seperti  CPU, RAM (Random acces memory) , hard disk,  VGA (Video Grafik Array) , sounds card , monitor , dan modem.
2.Dukungan software (perangkat lunak) Perangkat lunak merupakan program-program komputer yang dapat mengoperasikan dan memaksimalkan kerjanya komputer. 
3.Daftar kesalah satu penyedia jasa internet (ISP)
Untuk bisa bergabung dengan internet, harus mempunyai akses dengan cara berlangganan ke penyedia jasa internet atau yang lebih sering disebut dengan Internet Service Provider (ISP).  Internet Service Provider adalah perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan kepada kita untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses cukup menghubungi Internet Service Provider melalui komputer dan modem, selanjutnya Internet Service Provider akan mengurus detail-detail yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet, termasuk biaya SLJJ koneksi tersebut. 
Contoh ISP yang ada di Indonesia: Radnet, PT Telkom , Meganet, PT Pos Indonesia (wasantara), Indosat net, dll.

Ada beberapa cara agar kita dapat terhubung dengan internet, dengan Dial-Up Access, DSL(Digital Subscriber Line),  Integrated Services Digital Network (ISDN),  ISP (Internet Service Provider).
Berikut akan diuraikan mengenai cara-cara agar kita terhubung ke Internet :
ü  Pertama :
 dengan cara Dial-Up Access, dengan menggunakan Modem (Modulator Demodulataor) yang terpasang dalam komputer anda, dihubungkan ke jalur telepon untuk koneksi ke Internet .
ü  Kedua :
dengan cara DSL (Digital Subscriber Line) adalah teknologi untuk Bringing informasi High-bandwidth untuk Homes and Small Businesses melalui jalur kabel telepon. Kecepatan sampai 6.1 Megabits (Millions of Bits) Per Second (of a Theoretical 8.448 Megabits Per Second )
ü  Ketiga :
dengan cara Integrated Services Digital Network (ISDN), merupakan standart CCITT/ITU untuk transmisi digital melalui jalur telepon. Halaman Web arriving very quickly (up to 128 Kbps). ISDN requires adapters at both ends of the transmission so your access provider also needs an ISDN adapter.
ü  Keempat :
dengan cara ISP (Internet Service Provider) layanan jasa internet. Pada umumnya tarif untuk 64 kbps antara Rp 1.500.000 s/d 2.500.000 per bulan. Kalau menggunakan Dial-up Internet Access, perhitungan berdasarkan pemakaian pulsa ditambah dengan biaya sewa pebulan.

            Jaringan adalah sebuah himpunan komputer yang dihubungkan dengan kabel sehingga komputer satu dengan komputer lainnya dapat saling komunikasi, bertukar informasi sharing file, printer, dll.

Cara Menghubungkan Komputer dengan Jaringan Internet :
·         Melalu Jaringan
Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan yang besar dapat digunakan jaringan yang lebih kecil yaitu LAN.cara penghubung komputer dengan internet melalui jaringan biasa digunakan untuk melayani pemakaian dengan jumlah yang banyak.
Sistem penghubung dengan jaringan adalah dengan menggunakan komputer sebagai server yang dihubungkan dengan penyedia jasa layanan internet melalui telpon baik kabel maupun non kabel.

·         Melalui saluran telepon langsung
Sistem sambungan yang lain adalah dengan dial up langsung,di mana modem langsung dihubungkan dengan jaringan telpon yang menghubungkan dengan jaringan internet

·         Melalui GPRS
GPRS adalah singkatan dari General Pocket Radio Service.Jaringan ini merupakan gelombang radio sebagai penghubung Komputer dengan jaringan internet dengan menggunakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet.

·         Melalui WiFi (Wireless Fidelty)
WiFi adalah jaringan tanpa kabel yang mengunkan gelombang dengan frekuensi yang tinggi(2.4GHz).untuk menggunakan WiFi kita harus memiliki notebook dan PDA yang dilengkapi dengan kartu WiFi.


Sumber :




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar